Jurnal Refleksi Dwi Mingguan 2

Jurnal Refleksi Dwi Mingguan 2
Oleh : Eko Rohmadiyanto
Peserta Program Pendidikan Guru Penggerak Angkatan-9 Kelas A9 Grup 046 Kabupaten Sumenep

Alhamdulillah tidak terasa tiga sub modul sudah saya lalui. Pada akhir bulan September 2023, saya  bisa menyelesaikan modul 1.3 tentang visi guru penggerak. 

Pendamping Individu 1 oleh Ibu Pengajar Praktik

Modul ini membahas tentang nilai, peran, dan kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang guru penggerak, serta bagaimana cara menggerakkan komunitas praktisi atau komunitas belajar di lingkungan sekolah dan di luar sekolah. 

Ruang Kolaborasi bersama Rekan-rekan dari Situbondo

Selain itu, di modul ini juga saya diajak untuk bisa merumuskan visi saya sebagai guru penggerak untuk menciptakan dan mengarahkan sebuah keadaan agar murid-murid saya kelak mempunya sifat dan karakter yang sesuia dengan profil pelajar Pancasila.

Selama dua minggu ini, saya telah mengikuti beberapa kegiatan pembelajaran yang terdiri dari:

Kegiatan Lokakarya 1

- Belajar mandiri melalui LMS (Learning Management System) yang berisi materi, video, dan kuis atau beberapa tugas yang disediakan.
- Berdiskusi dengan teman seangkatan dan pengajar praktik melalui forum online dan grup WhatsApp.
- Mengikuti pendampingan individu dengan pengajar praktik yang memberikan arahan, saran, dan masukan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran saya.
- Mengikuti lokakarya pertama yang diadakan di SMPN 1 Sumenep pada tanggal 17 September 2023. Lokakarya ini merupakan pertemuan tatap muka yang pertama antara calon guru penggerak, pengajar praktik, dan staf pendidikan guru penggerak, karena lokakarya orientasi dilaksanakan secara daring. Dalam lokakarya ini, saya mendapatkan kesempatan untuk berbagi pengalaman, belajar dari teman seangkatan, serta melakukan simulasi pembelajaran dengan menggunakan metode KHD (Kolaboratif, Humanis, dan Demokratis). Belajar, Membahas mengenai komunitas praktisi. 

Bersama CGP dan Guru-guru SDN Kambingan Timur

Saya merasa senang dan termotivasi dengan kegiatan pembelajaran modul 1.3 ini. Saya merasa mendapatkan banyak ilmu dan inspirasi dari materi, video, diskusi, pendampingan, dan juga dari lokakarya yang saya ikuti. Saya juga merasa terbantu dengan adanya LMS yang memudahkan saya untuk mengakses materi kapan saja dan di mana saja. Saya merasa lebih percaya diri dan bersemangat untuk menjadi seorang guru penggerak yang dapat memberikan dampak positif bagi peserta didik, sekolah, dan masyarakat.

Saya juga merasa tertantang dengan tugas-tugas yang diberikan dalam modul ini. Salah satunya adalah membuat gambaran imaji tentang murid impian di masa depan. Tugas ini membuat saya berpikir kreatif dan visioner tentang bagaimana saya ingin melihat peserta didik saya lima atau sepuluh tahun mendatang. Saya juga dituntut untuk merumuskan visi saya sebagai guru penggerak yang sesuai dengan profil pelajar Pancasila. Tugas ini membuat saya berpikir kritis dan reflektif tentang apa yang menjadi tujuan utama saya sebagai seorang guru.

Dari kegiatan pembelajaran modul 1.3 ini, saya mendapatkan beberapa pembelajaran penting, antara lain:

- Saya memahami bahwa nilai-nilai yang harus dimiliki oleh seorang guru penggerak adalah integritas, profesionalisme, kolaborasi, inovasi, dan kepemimpinan.
- Saya memahami bahwa peran-peran yang harus dimainkan oleh seorang guru penggerak adalah sebagai fasilitator pembelajaran, agen perubahan sekolah.
- Saya memahami bahwa komunitas praktisi adalah sebuah kelompok orang yang memiliki minat bersama terhadap suatu bidang praktik dan saling berbagi pengetahuan dan pengalaman untuk meningkatkan kualitas praktik tersebut.
- Saya memahami bahwa cara menggerakkan komunitas praktisi adalah dengan melakukan identifikasi, pemetaan, pengembangan, pemberdayaan, dan evaluasi komunitas praktisi di lingkungan sekolah dan masyarakat.
- Saya memahami bahwa visi guru penggerak adalah sebuah gambaran ideal tentang apa yang ingin dicapai oleh seorang guru penggerak dalam jangka panjang. Visi guru penggerak harus sesuai dengan profil pelajar Pancasila yang memiliki karakteristik sebagai berikut: beriman, bertaqwa, berakhlak mulia, cinta tanah air, mandiri, kreatif, inovatif, kritis, kolaboratif, komunikatif, dan berjiwa kepemimpinan.

Dari pembelajaran yang saya dapatkan dalam modul 1.3 ini, saya berencana untuk menerapkan beberapa hal berikut:

- Saya akan menjaga dan meningkatkan nilai-nilai yang harus dimiliki oleh seorang guru penggerak dalam setiap aktivitas pembelajaran yang saya lakukan.
- Saya akan memainkan peran-peran yang harus dimainkan oleh seorang guru penggerak dengan sebaik-baiknya dan sesuai dengan konteks sekolah dan lingkungan saya.
- Saya akan mengembangkan kompetensi-kompetensi yang harus dikuasai oleh seorang guru penggerak dengan terus belajar dan berlatih secara mandiri maupun bersama teman sejawat dan pengajar praktik.
- Saya akan berusaha menggerakkan komunitas praktisi di lingkungan sekolah dan masyarakat saya dengan melakukan identifikasi, pemetaan, pengembangan, pemberdayaan, dan evaluasi secara berkala dan berkelanjutan.

Semoga Allah Subhanahu wa ta’ala selalu meridhoi, memberi jalan kelancaran dan kemudahan.

Sumenep, 1 Oktober 2023 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama