Jurnal Refleksi Dwi Mingguan Modul 3.3 : Pengelolaan Program yang Berdampak Positif pada Murid
Oleh : Eko Rohmadiyanto
CGP PGP Angkatan-9 Kabupaten Sumenep Kelas 348
Pada pendidikan guru penggerak yang saya ikuti. Modul 3.3 merupakan modul terakhir dari seluruh rangkaian kegiatan. Modul ini berisi materi tentang bagaimana kita bisa menyusun program yang berdampak positif pada murid. Melalui keterlibatan kepemimpinan murid dalam pembelajaran melalui suara, pilihan, dan kepemilikan. Selain itu pada modul ini juga berisi tentang bagaimana agar bisa menciptakan lingkungan yang mendukung tumbuh kembang kepemimpinan murid serta pentingnya melibatkan komunitas untuk mendukung tumbuhnya kepemimpinan murid.
Saya dapat memahami dan berkeinginan untuk mengimplementasikan hasil dari mempelajari materi ini dengan baik nantinya.
Materi ini penting karena merupakan kegiatan di sekolah yang nantinya akan bersentuhan langsung dengan murid. Saya menggambarkan kaitan antar materi dalam semua modul dampaknya akan terasa pada kualitas program-program yang ada di lingkungan sekolah.
Meskipun ada beberapa hambatan, seperti pemahaman materi secara individu, diskusi dengan rekan-rekan dan penguatan dari fasilitator membantu saya memahami materi dengan lebih baik.
Modul 3.3 ini memperkuat pemahaman saya tentang pentingnya pengelolaan program yang berdampak positif pada murid. Saya berkomitmen untuk menerapkan pembelajaran ini dalam praktik mengajar saya.

Posting Komentar