Soal 1
Salah satu cara yang banyak digunakan orang dalam upaya mengubah pola pikir seseorang adalah lewat Intervensi Pola Pikir yang memiliki tujuan utama untuk?
- Meyakinkan orang bahwa kesulitan adalah tanda otak sedang bekerja
- Menjelaskan tentang cara bersikap terhadap kesalahan atau tantangan
- Mendorong orang untuk berpindah dari PPT menjadi PPB
- Ketiganya
Soal 2
Agar guru bisa menjalankan peran barunya sebagai activator, collaborator dan builder learning culture, kemampuan untuk mendorong orang berubah dari Pola Pikir Tetap menjadi Pola Pikir Bertumbuh dengan cara.
- Mempelajari cara mengenal Suara PPT
- Ketiganya
- Menyadari bahwa kita punya pilihan
- Mengubah Suara PPT menjadi Suara PPB
Soal 3
Prinsip Pola Pikir Bertumbuh paling banyak berperan di dalam Pengalaman Belajar khususnya pada tahap:
- Mengaplikasi
- Merefleksi
- Ketiganya
- Memahami
Soal 4
Mengapa Pola Pikir disebut adalah “segalanya”?
- Pola Pikir mendikti apa yang akan dilakukan
- Pola Pikir fondasi dari Ketrampilan dan Peralatan
- Ketiganya benar
- Pola Pikir menentukan hasil yang diperoleh
Soal 5
Prof Carol Dweck membagi Mindset menjadi 2 Tipe yaitu Pola Pikir Tetap (PPT) dan Pola Pikir Bertumbuh (PPB). Perbedaan utama dari kedua tipe pola pikir ini adalah terkait dengan
- Cara bersikap pada saat berhadapan dengan tantangan dan kesulitan
- Cara berperan pada saat bekerjasama dengan orang lain
- Cara bereaksi pada saat meraih sukses
- Cara menghadapi orang yang bermasalah
Soal 6
Berikut ini merupakan penerapan dari prinsip berkesadaran dalam pendekatan pembelajaran mendalam adalah …..
- Keingintahuan terhadap pengetahuan dan pengalaman baru
- Kebermanfaatan pengalaman untuk diterapkan dalam konteks baru
- Tantangan yang memotivasi
- Kontekstual dan relevan dengan kehidupan nyata
Soal 7
Berikut ini merupakan karateristik pengalaman belajar mengaplikasikan adalah ….
- Membuat ringkasan materi yang dipahami untuk menguji pemahaman mereka sendiri
- Meregulasi diri dan emosi dalam pembelajaran
- Menghubungkan dengan konteks nyata atau kehidupan sehari-hari
- Berpikir kritis dan mencari solusi inovatif berdasakan pengetahuan yang ada
Soal 8
Memotivasi diri sendiri untuk terus belajar bagaimana cara belajar, refleksi terhadap pencapaian tujuan pembelajaran (evaluasi diri), menerapkan strategi berpikir, memiliki kemampuan, metakognisi (meregulasi diri dalam pembelajaran), dan meregulasi emosi dalam pembelajaran. Merupakan karakteristik dari pengalaman belajar yang berkaitan dengan kemampuan….
- Merefleksikan
- Mengaplikasikan
- Memahami
- Menggembirakan
Soal 9
Pembelajaran yang menciptakan suasana belajar yang positif, menantang, menyenangkan, dan memotivasi. Rasa senang dalam belajar membantu peserta didik terhubung secara emosional, sehingga lebih mudah memahami, mengingat, dan menerapkan pengetahuan. Ketika peserta didik menikmati proses belajar, motivasi intrinsik mereka akan tumbuh, mendorong rasa ingin tahu, kreativitas, dan keterlibatan aktif. Hal ini merupakan prinsip pembelajaran….
- Bermakna
- Menggembirakan
- Berkeadilan
- Berkesadaran
Soal 10
Pengalaman belajar pada pendekatan pembelajaran mendalam memiliki tiga proses tahapan yang terus berulang seperti siklus ketiga proses tersebut adalah ….
- Memahami, menganalisis dan mencipta
- Memahami, mengaplikasikan dan merefleksikan
- Perencanaan, pelaksanaan dan penilaian
- Unistruktural, multistruktural dan relasional
Soal 11
Asesmen formatif berupa tes diagnostik dilakukan oleh guru dengan tujuan …
- Menentukan capaian belajar peserta didik
- Mengetahui perkembangan peserta didik
- Memberikan umpan balik kepada peserta didik
- Melihat kesiapan belajar peserta didik
- Mengukur karakteristik belajar peserta didik
Soal 12
Arjuna seorang guru di Sekolah Dasar melakukan asesmen untuk perbaikan proses pembelajaran, baik sebagai umpan balik yang membantu peserta didik dalam belajar maupun refleksi guru mengajar. Apa yang dilakukan guru tersebut sejalan dengan prinsip asesmen …
- Assessment by Learning
- Assesment to Learning
- Assessment of Learning
- Assessment for Learning
- Assessment as Learning
Soal 13
Tujuan utama dari asesmen sumatif yaitu …
- Membantu peserta didik dalam mengikuti pembelajaran
- Menyimpulkan hasil belajar peserta didik
- Memetakan karakteristik peserta didik
- Memberi kesempatan peserta didik memperbaiki capaian pembelajarannya
- Membantu guru memberikan umpan balik pembelajaran oleh peserta didik
Soal 14
Anita yang mengajar IPS di SMP sering melakukan penilaian berupa jurnal reflektif, self assessment, peer assessment, dan form checklist yang digunakan untuk refleksi proses pembelajaran dan refleksi diri peserta didik. Hal ini merupakan bagian dari…
- Assessment for Learning
- Assessment as Learning
- Assesment to Learning
- Assessment by Learning
- Assessment of Learning
Soal 15
Asesmen yang biasa dilakukan guru secara informal dan didasarkan pada berbagai macam informasi seperti pertanyaan-pertanyaan di kelas, pengamatan terhadap peserta didik, keaktifan mengerjakan kuis, dan mengerjakan pekerjaan rumah merupakan ciri dari asesmen …
- Formatif
- Placement test
- Sumatif
- Portofolio
- Diagnostik
Soal 16
Kegiatan kemitraan pembelajaran manakah yang dapat memperkaya pengalaman belajar siswa dalam pembelajaran mendalam?
- Mengundang pakar dari luar sekolah untuk memberikan kuliah umum tanpa melibatkan guru atau siswa lain di sekolah
- Membatasi pembelajaran hanya dalam kelas tanpa bekerja sama dengan guru lain atau organisasi murid
- Menghindari kerja sama antara guru, murid, dan staf sekolah agar lebih fokus pada pembelajaran individu
- Kolaborasi lintas mata pelajaran, seperti proyek bersama antara guru IPA dan Matematika untuk menganalisis data eksperimen ilmiah
Soal 17
Seorang guru ingin menerapkan Pembelajaran Mendalam dengan menyesuaikan metode mengajarnya berdasarkan karakteristik murid dan sumber daya yang tersedia. Namun, ia menghadapi kendala keterbatasan alat praktik di sekolah. Apa solusi terbaik yang dapat dilakukan guru agar perencanaan tetap optimal?
- Mengganti aktivitas praktik dengan ceramah agar materi tetap tersampaikan dengan jelas
- Mencari alternatif sumber daya, seperti simulasi digital atau kerja sama dengan mitra pembelajaran di dalam dan atau luar sekolah
- Mengurangi materi yang memerlukan praktik agar lebih sesuai dengan keterbatasan alat
- Menghapus tahap eksplorasi dan langsung memberikan tugas tertulis kepada murid
Soal 18
Pembelajaran yang menciptakan suasana belajar yang positif, menantang, menyenangkan, dan memotivasi. Rasa senang dalam belajar membantu peserta didik terhubung secara emosional, sehingga lebih mudah memahami, mengingat, dan menerapkan pengetahuan. Ketika peserta didik menikmati proses belajar, motivasi intrinsik mereka akan tumbuh, mendorong rasa ingin tahu, kreativitas, dan keterlibatan aktif. Hal ini merupakan prinsip pembelajaran….
- Menggembirakan
- Berkeadilan
- Bermakna
- Berkesadaran
Soal 19
Dalam pembelajaran mendalam terdapat 3 prinsip pembelajaran yang menjadi ciri khas pada pendekatan tersebut, ketiga prinsip itu adalah …
- Berpusat pada peserta didik, kontekstual dan bermakna
- Memahami, mengaplikasikan dan menggembirakan
- Memuliakan, menyenangkan dan berkesadaran
- Berkesadaran, bermakna dan menggembirakan
Soal 20
Pengalaman belajar pada pendekatan pembelajaran mendalam memiliki tiga proses tahapan yang terus berulang seperti siklus ketiga proses tersebut adalah ….
- Memahami, mengaplikasikan dan merefleksikan
- Unistruktural, multistruktural dan relasional
- Perencanaan, pelaksanaan dan penilaian
- Memahami, menganalisis dan mencipta
Soal 21
Bagaimana seorang guru dapat menilai apakah siswa telah mencapai pembelajaran mendalam?
- Dengan melihat jumlah materi yang telah dihafalkan oleh siswa
- Dengan menilai seberapa cepat siswa menyelesaikan soal tanpa kesalahan
- Dengan memberikan kuis yang hanya mengukur ingatan jangka pendek
- Dengan membatasi eksplorasi siswa agar tetap sesuai dengan buku teks
- Dengan mengamati sejauh mana siswa dapat menghubungkan konsep dengan pengalaman nyata
Soal 22
Salah satu strategi yang dapat diterapkan guru untuk mendorong pembelajaran mendalam adalah…
- Menggunakan pertanyaan reflektif yang menantang pemikiran siswa
- Menghindari diskusi kelompok agar siswa fokus belajar sendiri
- Memberikan tugas yang sama kepada semua siswa tanpa mempertimbangkan tingkat pemahaman mereka
- Mengutamakan hafalan tanpa eksplorasi konsep lebih lanjut
- Menggunakan metode evaluasi tunggal seperti ujian pilihan ganda saja
Soal 23
Refleksi dalam pembelajaran mendalam memiliki tujuan utama untuk…
- Mengulang kembali materi tanpa analisis lebih lanjut
- Membantu siswa dan guru memahami proses belajar serta meningkatkan strategi pembelajaran
- Menilai seberapa cepat siswa menyelesaikan tugas
- Memberi siswa kesempatan untuk menyalin catatan teman
- Menghindari pertanyaan sulit yang bisa membingungkan siswa
Soal 24
Mengapa penting melakukan refleksi setelah menyelesaikan proyek deep learning?
- Supaya hasil proyek terlihat profesional
- Untuk mengikuti tren terbaru dalam Kecerdasan Buatan (AI)
- Untuk membandingkan hasil dengan teman
- Agar dapat menilai, mengevaluasi dan meningkatkan proses pembelajaran pribadi
- Supaya mendapatkan nilai bagus dari dosen
Soal 25
Dalam pembelajaran mendalam, peran guru yang paling tepat adalah…
- Sebagai satu-satunya penilai hasil pembelajaran siswa tanpa memberi kesempatan refleksi
- Sebagai pemberi tugas yang harus diselesaikan dengan cepat
- Sebagai pengawas yang memastikan siswa tidak melakukan kesalahan
- Sebagai fasilitator yang membimbing siswa untuk mengeksplorasi dan memahami konsep lebih dalam
- Sebagai satu-satunya sumber informasi di kelas
Soal 26
Dalam proyek inkuiri kolaboratif tentang lingkungan, siapa yang paling tepat diajak kerja sama untuk memberikan wawasan tambahan?
- Tidak perlu bekerja sama dengan siapa pun
- Hanya teman sekelas tanpa mencari perspektif lain
- Orang yang tidak memiliki pengalaman dalam isu lingkungan
- Ahli lingkungan, komunitas peduli lingkungan, dan dinas terkait
Soal 27
Manakah yang bukan termasuk langkah dalam inkuiri kolaboratif?
- Menerapkan strategi yang telah dirancang
- Mengidentifikasi tantangan pembelajaran
- Menganalisis hasil dan merefleksi pembelajaran
- Menghafalkan teori tanpa diskusi
Soal 28
Apa yang dimaksud dengan inkuiri kolaboratif?
- Cara guru mengajar tanpa melibatkan siswa
- Proses individu dalam menemukan jawaban atas suatu masalah
- Sekadar berdiskusi dengan teman tanpa tujuan jelas
- Upaya kolektif dalam mengeksplorasi dan memecahkan permasalahan pembelajaran
Soal 29
Apa manfaat utama dari pendekatan inkuiri kolaboratif?
- Mempermudah guru dalam memberikan nilai
- Membuat siswa bergantung pada teman sekelompoknya
- Mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan reflektif
- Hanya meningkatkan nilai akademik tanpa dampak lain
Soal 30
Salah satu hambatan dalam menerapkan inkuiri kolaboratif adalah keterbatasan waktu untuk refleksi guru. Solusi terbaik untuk mengatasi hal ini adalah…
- Menghindari refleksi karena memakan waktu
- Menjadwalkan pertemuan refleksi secara rutin meskipun singkat
- Mengurangi diskusi agar lebih efisien
- Meminta siswa bekerja sendiri tanpa umpan balik

Posting Komentar