Jurnal Refleksi Dwi Mingguan Modul 2.1
Oleh : Eko Rohmadiyanto
CGP PGP Angkatan-9 Kabupaten Sumenep 2023
Pada Modul 2.1 ini saya mempelajari modul yang membahas tentang pembelajaran yang memenuhi kebutuhan peserta didik atau dikenal dengan pembelajaran berdiferensiasi, yaitu pendekatan pembelajaran yang mengedepankan upaya untuk memenuhi kebutuhan peserta didik yang unik dan beragam. Dalam hal ini guru sangat dimungkinkan untuk menyesuaikan pembelajaran sesuai dengan kebutuhan, minat, dan profil belajar siswa. Dengan mempelajari modul ini diharapkan kami dapat mengembangkan kompetensi dan keterampilan dalam merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran berbeda di dalam kelas. Saya tertarik untuk belajar modul ini karena saya ingin meningkatkan kualitas pembelajaran saya dan memberikan pengalaman belajar yang bermakna dan menyenangkan bagi siswa saya.
Pada modul 2.1 ini saya berusaha belajar memahami konsep dan prinsip pembelajaran berdiferensiasi dan bagaimana menerapkannya di kelas. Saya juga berusaha mengidentifikasi manfaat dan tantangan apa saja yang mungkin akan ditemui dalam pembelajaran berdiferensiasi baik itu dari sisi guru maupun peserta didik. Dengan mempelajari modul ini saya dapat meningkatkan efektivitas dan efisiensi pembelajaran saya dan memenuhi kebutuhan belajar siswa yang beragam.
Seperti di modul-modul sebelumnya, pada sesi belajar di modul ini juga menggunakan metode pembelajaran daring. Saya mengikuti sesi daring yang diselenggarakan oleh fasilitator modul melalui platform google meet dimana seluruh peserta dalam satu kelas bisa saling berkomunikasi, berkolaborasi dan berelaborasi. Sesi daring ini berisi penjelasan materi, diskusi kelompok, presentasi, dan refleksi.
Dari belajar di modul 2.1 ini, saya mendapatkan beberapa hal yang penting bagi saya sebagai guru, yaitu:
- Saya dapat memahami konsep dan prinsip pembelajaran berdiferensiasi dan mengidentifikasi karakteristik peserta didik yang perlu dipertimbangkan dalam proses pembelajaran.
- Saya mendemontrasikan hasil rancangan rencana pembelajaran berdiferensiasi dengan menggunakan strategi-strategi seperti asesmen awal, asesmen formatif, perbedaan konten, proses, produk, dan lingkungan belajar.
- Saya dapat mengevaluasi pembelajaran berbeda dengan menggunakan alat-alat seperti rubrik, portofolio, penilaian diri, penilaian teman, dan penilaian hasil produk.
Pada pembelajaran modul 2.1 ini juga ada ruang kolaborasi, forum diskusi, dan elaborasi sehingga saya bisa berdiskusi, berbagi pengalaman, berbagi pendapat, dan saling memberikan umpan balik yang konstruktif dan membangun serta saling menghargai. Baik dari fasilitator, pengajar praktik, maupun sesama calon guru penggerak.
Kesimpulan
Modul 2.1 adalah modul yang sangat bermanfaat bagi saya sebagai guru. Saya belajar banyak tentang konsep, prinsip, strategi, teknik, dan alat pembelajaran berdiferensiasi yang dapat saya gunakan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran saya dan memenuhi kebutuhan belajar siswa yang beragam. Saya juga mendapatkan umpan-balik yang berharga dari fasilitator, pengajar praktik, dan rekan-rekan lain sesama calon guru penggerak yang dapat saya gunakan untuk merefleksikan dan memperbaiki pembelajaran saya. Saya menyadari bahwa pembelajaran berdiferensiasi bukanlah hal yang mudah dilakukan, tetapi juga bukanlah hal yang mustahil dilakukan. Saya berkomitmen untuk terus belajar dan berinovasi dalam menerapkan pembelajaran berdiferensiasi di kelas saya untuk memenuhi kebutuhan belajar peserta didik saya.
Sumenep, 03 Nopember 2023

Posting Komentar